12 Sep 2011

Saya dan Benda: Canting Kupu-kupu dan Arumba

 Canting kupu ini saya dapat ketika saya dan saudara perempuan saya menghabiskan liburan akhir pekan di kota Solo. Waktu itu Sabtu malam, saya mengunjungi pasar Ngarsopuro yang selalu dibuka setiap akhir pekan. Saya berhenti di satu lapak dan melihat benda ini, setelah melewati proses tawar menawar akhirnya saya beli karena bentuknya yang unik dan artistik, terlebih lagi ini merupakan sebuah canting, yaitu alat untuk membatik. Namun canting yang saya beli ini memang tidak dapat digunakan untuk membatik, tetapi hanya sekedar untuk hiasan saja.
 
Dan ini adalah sebuah alat musik yang bernama Arumba. Saya dapatkan juga di salah satu lapak di pasar Ngarsopuro. Cara memainkannya yaitu dengan menggunakan kuku jari jemari kita. Biasa digunakan untuk mengiringi alat musik tradisional seperti gamelan dan juga jenis musik kontemporer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar